Monday, February 18, 2013

Top 10 Movies of 2012


2012 merupakan tahun yang tak kalah menariknya jika dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya. Prekuel, Sekuel, Rip-Off, Based on True Story, Based on the Novel juga masih berkeliaran. Menutup rangkaian Top 10 List yang sebelumnya telah di-publish, ini dia 10 Film terbaik pilihan saya.

Dari banyak film yang tayang, ada beberapa film, okay tepatnya 5 film yang hampir masuk dalam deretan Honorable Mentions, Ini dia list-nya


Prometheus membuka rangkaian Honorable Mentions kali ini, prequel besutan Ridley Scott ini menjadi jawaban bagi film-film terdahulu, khususnya saya. Selanjutnya, ada Ruby Sparks yang manis, tidak segahar (500) Days of Summer tapi masih asik untuk ditonton. Menontonnya dengan zero expectation malah membuat saya jadi menikmati film selanjutnya, Ted, bagaimana tidak, saya benar-benar dibuatnya tertawa selama menontonnya. Next, ada Wreck-It Ralph yang bakalan nganterin kamu nostalgia ke tahun 90-an. Dan film terakhir yang nangkring di posisi Honorable Mentions adalah Pitch Perfect, Ya, Film Musical yang sedikit 'nendang' inspirator-nya, Glee ini ternyata fun, lucu, menyenangkan, dan jangan lupa kehadiran Rebel Wilson yang membuat film ini jadi 10 kali lebih lucu.

-- Top 10 --

10. The Hobbit (Peter Jackson)
Di posisi paling bontot ada The Hobbit yang merupakan prekuel dari LOTR series. Dibintangi oleh Martin Freeman sebagai Bilbo Baggins, yang belakangan ini mencuat namanya lewat serial Sherlock tak heran jika banyak yang menantikan The Hobbit ini, dan hasilnya, banyak LOTR-geeks yang puas dengan film pertama ini. Peter Jackson sang Sutradara sudah mengkonfirmasi bahwa The Hobbit akan hadir dalam Trilogy, dan untuk installment pertama, The Hobbit telah memberikan usaha terbaiknya, let's just wait the second movie, kay?

09. Life of Pi (Ang Lee)
Sebuah film yang diadaptasi dari sebuah novel terbilang sukses jika penontonnya (yang tidak semuanya membaca novelnya, of course) keluar dari bioskop dengan wajah suumringah, yang artinya, you don't really have to read the books to see this movie, Dan Life of Pi merupakan salah satu film yang masuk dalam deretan film tersebut. Sinematografi yang wow ditambah dengan elemen-elemen lainnya, rasanya saat menonton Life of Pi Hati jadi terasa adem, sejuk, dan tenang. Tanpa bermaksud "menceramahi", Life of Pi secara tidak langsung sudah memberikan dampak yang baik buat penontonnya, including you, maybe?

08. The Raid: Redemption (Gareth Evans)
The Raid membuka pandangan saya terhadap film Indonesia yang lebih luas lagi. Tak hanya bagus, The Raid memberikan segala aspek terbaiknya sehingga tak heran jika film yang jelas-jelas produksi lokal ini sudah go internasional. Dengan hadirnya The Raid, diharapkan kedepannya film-film Indonesia bisa menembus pasar Internasional layaknya The Raid, atau bahkan bisa jauh lebih tinggi. Efek paling hebat yang dihasilkan oleh The Raid adalah, Iko Uwais yang akan bermain sebuah film arah Keanu Reeves, dan Joe Taslim yang akan tampil di Fast 6, bulan May nanti. Bravo Perfilman Indonesia!
07. Skyfall (Sam Mendes)
Installment ketiga dari reboot terbaru untuk serial James Bond ini hadir di bulan November kemarin. Berbeda dari 2 seri terdahulu, Casino Royale, & Quantum of Solace, kali ini karakter James Bond jadi terasa lebih manusiawi, wait, you might've heard that sentence before, eh? Well, pernyataan tadi mungkin terasa tidak asing bagi kamu, karena memang istilah tersebut terasa sedikit Nolan's Batman-ish. Bukan, bukan karena Skyfall menjiplak atau bagaimana, tapi Sutradaranya sendiri sudah mengkonfirmasi kalau Skyfall sendiri terinspirasi dari Nolan's Batman Series. Dan hasilnya memuaskan, in a good way

06. Cloud Atlas (Tom Wyker, Andy & Lana Wachowski)
Tak hanya bertabur bintang, Cloud Atlas hadir dengan dengan cerita yang unik, bagaimana tidak, plot yang muncul menghadirkan timeline Past, Present, and Future. Biasa? Tunggu sampai kamu tahu kalao karakter yang ada di ketiga timeline tersebut ternyata berhubungan. Ditambah dengan masing-masing karakter yang muncul dimainkan dengan apik oleh aktor-aktrisnya.  Do you believe in Reincarnation?


05. Moonrise Kingdom (Wes Anderson)
Seperti biasa, Wes Anderson selalu menceritakan sisi unik dari sebuah keluarga. Dan kali ini, Moonrise Kingdom diberikan kadar yang jauh lebih Sweet, and Cute. Well, Kadar Cute-nya sendiri hadir lewat 2 karakter utama plus storyline-nya yang memang masih muda belia. Selain Jared Gilman dan Kara Hayward, 2 remaja yang memerankan karakter Sam & Suzy, jangan lupakan kehadiran Bruce Willis, Edward Norton, Bill Murray, Tilda Swinton and my favorite Frances McDormand.

04. The Avengers (Joss Whedon)
Bagaimana rasanya melihat 6 superheroes dalam satu film? Banyak yang beranggapan bahwa The Avengers bakalan biasa saja tapi Joss Whedon bisa menampik semua anggapan dan Bam! The Avengers hadir dengan Action, Storyline, Plot, Drama, Komedi at it's finest. Dibalik 6 superheroes itu, kepuasan tersendiri juga bisa didapatkan lewat ensemble cast yang superb, RDJ, Chris Evans, Samuel L. Jackson, Chris Hemsworth,  Mark Ruffalo, Jeremy Renner, Tom Hiddleston, dan jangan lupa the great  Scarlett Johansson, like How can you not love this movie? Right. So, Are you ready for The Avengers 2?


03. Argo  (Ben Affleck)
Ben Affleck kembali hadir menyutradarai film setelah sebelumnya berhasil mendapatkan kritikan yang baik saat menyutradarai Gone Baby Gone, dan The Town. hasilnya? Argo dilirik oleh beberapa Awards, salah satunya adalah Best Director sekaligus Best Motion Picture in Drama di Golden Globes 2013 kemarin. Well Done, Affleck! To be honest, treatment yang diberikan Affleck kepada penontonnya, khususnya 30 menit terakhir benar-benar sesuatu yang membuat Argo begitu menegangkan. Argo Fuck Yourself!!

02. The Dark Knight Rises (Christopher Nolan)
An Epic Conclusion, itulah istilah yang pantas untuk dinobatkan ke seri terakhir dari trilogi Batman arahan Nolan ini. Dimulai dari Batman Begins, Jatuh di The Dark Knight Rises, Are you ready to rise?  Walaupun secara pribadi saya masih menyenangi The Dark Knight ketimbang TDKR, tetapi TDKR hadir dengan begitu emosional yang berhasil tersampaikan ke penonton. Dari segi teknis sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, sedangkan karakter-karakter yang baru muncul pun mengisi jalan cerita dengan sempurna, Bane, Miranda Tate, hingga si seksi Selina Kyle (despise her action scene compare to... Black Widow from the Avengers). Dan yang terpenting adalah ending yang muncul,  it's a damn perfect ending. 
In Nolan We Trust.

01. The Perks of Being a Wallflower (Stephen Chbosky)
And please welcome our champion for this year, The Perks of Being a Wallflower. Film yang diadaptasi dari novel yang sama dan disutradarai juga oleh si penulis novel, Stephen Chbosky ini menceritakan tentang seorang introvert, Charlie (Logan Lerman) yang baru saja memasuki dunia SMA. Dibintangi oleh Logan Lerman, Emma Watson, dan Ezra Miller, The Perks menghadirkan suasana high school, pencarian jati diri, and all about teenagers dalam satu paket. Logan Lerman memainkan karakter Charlie dengan sangat apik, Emma Watson yang secara resmi sudah menjadi 'alumni' dari Hogwarts akhirnya membuktikan kalau dia bisa memerankan karakter lain selain penyihir jenius, dan spotlight diberikan kepada Ezra Miller yang pantas diberikan gelar MVP kepadanya. After all, Movie is about personal, no? dan The Perks merupakan salah satu film yang berasa 'dekat' secara personal bagi saya.

=====oOo=====

Okay, itu dia 10 film terbaik (menurut saya) di tahun 2012, sampai jumpai jumpa di annual list tahun 2013!

2 comments :

  1. Setuju berat sama top ten-nya, semua samaaa ma gw, walau beda urutan, hehe :D

    ReplyDelete
  2. *tos* selera kita sama berarti bro :))

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger